-->

Sunday, February 3, 2013

Bukan Tentang Mana yang Lebih Penting

Hallo anak kuliahan se-Indonesia Raya, how's life ? :D
Udah pada semesteran kan ? Udah yudisium ? Udah tau berapa IPnya ?

Hell-o buat apa yang disebut "Indeks Prestasi". Gue ngomong gini bukan karena IP gue jeblok, sorry aja semester pertama ini alhamdulillah gue cumlaude B) Tapi gue ngerasa terkadang dosen nggak adil dalam ngasih nilai. Contoh aja nih ya, gue punya temen sepergaulan sebut aja Jono (bukan nama sebenarnya). Dia anaknya pinter banget, rajinnya banget, tiap dosen ngejelasin dia selalu nyatet, di kelas aktif ngejawab pertanyaan dosen, ngumpulin tugas tepat waktu, tapiiiii waktu yudisium nilainya jeblok, terutama di mata kuliah 'Organisasi dan Manajemen Bisnis' dia dapet nilai E. Sadeeeess~~
Jujur, gue simpati sama dia karena gue percaya dia mampu dapet nilai yang lebih baik dari itu. Tapi apa daya gue bukan mahasiswa penting, bukan pula asisten dosen, gue cuma mahasiswa biasa yang pendiem di kelas tapi cukup beruntung dengan hiasan nilai A di mata kuliah tersebut.


Back to topic tentang IP. Ada temen gue yang pernah bilang kalo "kita harus berorientasi ke kompetensi jangan ke nilai. Kalo misal nilai kita tidak baik, berarti kompetensi kita yang kurang". Terus terang gue agak absurd sama maksudnya, tapi kalo boleh gue artiin mungkin maksudnya buat apa nilai bagus tapi otaknya kosong? Buat apa nilai bagus tapi nggak punya kemampuan? Emang sih apalah arti nilai, tapi tetep aja kita butuh nilai meskipun bukan nilai yang jadi faktor utama.

Jadi gimana kesimpulannya?
Kalo menurut gue sih teori dan kompetensi itu penting buat diselarasin, disejajarin. Bukan mana yang lebih penting, tapi gimana cara menyeimbangkan keduanya biar kita bisa menjadi lebih penting. Terus gimana caranya? Tetep belajar, bikin target nilai, tapi jangan jadi mahasiswa kupu-kupu yang kuliah pulang. Banyakin kegiatan di kampus, terus asah soft skill dan hard skill. Semangaaaatt ! Hidup Mahasiswa !


-Catatan absurd mahasiswi semester satu yang lagi bosen-

No comments:

Post a Comment